Thursday, December 1, 2011

Classic Authors of December

Masih dalam rangkaian Classic Authors of the Month, di bulan penutup tahun ini, ada lima orang penulis klasik besar dunia yang akan berulang tahun. Mereka adalah:

George MacDonald

George MacDonald dikenal sebagai penulis berkebangsaan Skotlandia, penyair sekaligus pendeta Kristen. Ia lahir pada 10 Desember 1824, dan menjadi terkenal berkat gaya penulisannya untuk novel fantasi dan dongeng. Banyak penulis yang terinspirasi dari MacDonald, seperti C.S. Lewis, Edith Nesbit, J.R.R. Tolkien dan Madeline L’Engle. Bahkan Mark Twain—yang tak suka pada Donald namun tetap berteman, disebut-sebut juga sedikit terinspirasi oleh karya MacDonald. Karya-karya besarnya antara lain: The Princess and the Goblin dan Phantastes.


Gustave Flaubert

Gustave Flaubert yang lahir di Rouen, Prancis pada 12 Desember 1821 ini akhirnya menjadi salah satu penulis terbesar dari Barat. Novelnya yang paling terkenal, Madame Bovary, merupakan novel pertamanya yang diterbitkan. Konon, Flaubert mulai menulis ejak usia delapan tahun! Di Paris, kota yang tak ia sukai, di mana ia belajar hukum, Flaubert sempat berteman dengan Victor Hugo, Émile Zola dan Ivan Turgenev. Ia sempat pergi ke Corsica, dan setelah mendapat serangan epilepsi tahun 1846, ia meninggalkan Paris dan sekolah hukumnya. Flaubert tak pernah menikah, tapi pernah menjalin hubungan cinta dengan seorang penyair bernama Louise Colet. Flaubert juga termasuk amat terbuka tentang aktivitas seksualnya, dengan pelacur--wanita maupun sesama pria. Ia meninggal di usia 58 tahun setelah menderita penyakit seksual.

Terkenal dengan caranya yang perfeksionis, Flaubert tak mau sembarangan menggunakan kata-kata. Ini membuat produktifitasnya jauh dibawah rata-rata penulis lainnya. Bagaimana tidak, kalau ia kadang bisa menghabiskan seminggu hanya untuk menyelesaikan satu halaman saja? Gaya menulis Falubert berada di antara romantis dan realis.


Betty Smith

Terlahir sebagai Elizabeth Wehner di Brooklyn pada 15 Desember 1896, Betty kemudian bersekolah di sekolah khusus perempuan di Brooklyn. Pengalaman inilah yang kelak mewarnai novel pertamanya: A Tree Grows in Brooklyn (sudah diterbitkan oleh Gramedia). Betty memperoleh nama Smith di belakang namanya karena menikah dengan George H.E. Smith. Namun akhirnya ia bercerai dari Smith, dan menikah dengan suami kedua pada tahun yang sama ketika A Tree Grows in Brooklyn diterbitkan. Selain menulis novel, Betty juga penulis drama. Ia pernah memperoleh penghargaan Rockefeller Fellowship and the Dramatists Guild Fellowship.


Jane Austen

Lahir pada tanggal 16 Desember 1775 di Inggris, Jane Auten adalah salah seorang penulis fiksi romantic yang karya-karyanya terbanyak dibaca di dunia. Jane lahir dalam keluarga tuan tanah (landed gentry), dan novel-novelnya banyak mengkritisi kondisi sosial di lingkungannya. Karya-karya Jane yang terkenal adalah Sense and Sensibility, Pride and Prejudice (diterbitkan Mizan dan Bukune), Mansfield Park dan Emma. Novel-novelnya bertutur tentang kemandirian wanita dalam perkawinan, demi mendapat tempat dalam kehidupan sosial dan keamanan secara finansial.

Tahun 1802 Austen menerima satu-satunya lamaran perkawinan dari teman masa mudanya, yang langsung ia terima. Namun keesokan paginya Austen sadar ia telah melakukan kesalahan dan sebenarnya tidak mencintai si pria, maka ia menarik kembali persetujuannya untuk menikah.

Pada 1816 Jane mulai merasa tak sehat, dan tanpa memperhatikan kesehatan fisiknya dan terus menulis, akhirnya kondisinya makin memburuk. Jane meninggal dunia pada usia 41 dan dimakamkan di Katedral Winchester. Pada 2002 Jane Auten masuk ranking 70 daftar 100 Greatest Britons.


Rudyard Kipling

Meski berkebangsaan Inggris, Joseph Rudyard Kippling lahir di Bombay, India, pada 30 Desember 1865. Dan meski sejak usia lima tahun ia diboyong keluarganya ke Inggris, Kipling tetap memiliki keterikatan yang kuat pada India. Pada usia 16 tahun ia kembali ke Bombay, dan hanya beberapa hari di sana, ke-Inggris-annya dapat dibilang telah lenyap dari dirinya. Inilah yang kesannya tentang Bombay:

Mother of Cities to me,
For I was born in her gate,
Between the palms and the sea,
Where the world-end steamers wait.

Tak heran pula kalau banyak karya sastranya yang mengambil setting di India. Sebut saja The Jungle Book (diterbitkan Atria), Just So Stories (akan diterbitkan Gramedia), dan Kim (diterbitkan Bentang Pustaka). Kipling disebut-sebut sebagai inovator dalam seni penulisan cerita pendek.

Demikianlah sekilas profil 5 orang penulis klasik dunia yang ulang tahunnya kita rayakan dalam bulan Desember. Mari kita merayakannya dengan membaca karya-karya mereka, lebih baik lagi kalau kita membuat reviewnya, lalu mempostingnya tepat pada hari ulang tahun penulis yang kita pilih karyanya. Aku memilih Rudyard Kipling dengan karyanya: Kim. Bagaimana dengan anda?

No comments:

Post a Comment

What do you think?

Post a Comment