Friday, March 2, 2012

[Book About Author] Charles Dickens: The Dickens Bicentenary 1812-2012

Tahun 2012 merupakan tahun istimewa bagi pecinta sastra klasik dunia. Apa sebab? Karena tahun ini adalah perayaan 200 tahun atau 2 abad lahirnya salah satu penulis klasik terbesar dunia: Charles Dickens. Karena itu, penulis Lucinda Dickens Hawksley (yap, beliau menyandang nama Dickens karena memang keturunan—great great great granddaughter—Charles Dickens) dibantu The Charles Dickens Museum menulis sebuah buku yang amat istimewa. Buku ini tak hanya berisi kehidupan Charles Dickens saja (mulai masa kanak-kanak—terutama saat menjadi pekerja anak-anak, masa muda, pernikahan, keluarga, karier menulis dan bagaimana ia menjadi selebriti); ia juga berisi buku-buku yang ditulis Dickens dan bagaimana karyanya itu berhubungan dengan kehidupannya sendiri.

Tapi yang paling menarik dari buku ini, adalah foto-foto dengan kualitas sangat bagus (dan ukuran besar) serta ilustrasi-ilustrasi tentang Dickens dan karya-karyanya bertebaran di seluruh buku ini. Ditambah pula bonus berupa dokumen-dokumen asli milik Charles Dickens yang dibuatkan duplikatnya dari kertas atau karton eksklusif dan persis seperti asli. Bayangkan rasanya ketika anda memegang dan membaca tulisan Dickens dalam manuscript asli Oliver Twist misalnya, atau membuka lipatan koran Daily News yang pernah diedit Dickens, atau membuka-buka album foto keluarga Dickens. Kuberitahu ya…rasanya seperti aku tiba-tiba berada di abad 19 dan sedang berkunjung ke rumah Dickens sambil memegang-megang barang-barang pribadinya.

Yang paling aku sukai adalah booklet berisi naskah Oliver Twist yang akan dibacakan oleh Dickens pada acara pembacaan. Naskah yang diketik rapi itu dicorat-coret oleh Dickens untuk menandai poin-poin di mana ia harus menekankan suatu kata saat membaca. Rasanya orisinal banget! Bonus-bonus ini diselipkan ke antara halaman yang dibuatkan semacam amplop. Baiklah, tak berpanjang-panjang lagi, langsung saja aku pamerkan “harta karun” terbaruku ini
yang aku beli di Amazon, seharga USD 24,34.

Ukuran buku hardcover ini sebesar album foto, isinya 166 halaman


Duplikat empat pose Dickens di "visiting cards" -- entah apa maksudnya, tapi kupikir mungkin sejenis kartu langganan suatu jasa (?)


Salah satu favoritku juga: duplikat booklet serial Bleak House (waktu itu diterbitkan berseri) -- jadi bisa numpang membaca beberapa halaman pertama nih!


Ilustrasi A Christmas Carol terpampang di satu halaman penuh


Duplikat buku tabungan Dickens di Coutts Bank (jadi beginilah model buku tabungan di abad 19..)


Foto Charles Dickens muda terpampang satu halaman penuh...


Duplikat koran Daily News di mana Dickens pernah jadi editor, bersama manuscript asli tulisan tangan Dickens (lupa untuk buku apa) dan ketikannya yang rapi


Duplikat album foto keluarga milik salah satu saudara perempuan Charles Dickens



Lukisan yang menggambarkan Dickens duduk di meja kerjanya dikelilingi oleh tokoh-tokoh di buku karyanya, tercetak full 2 halaman!



Duplikat reading copy Oliver Twist (tulisan paling kanan yang terpotong, lengkapnya: Sleeping action, menandakan Dickens akan menirukan gerak tubuh mengantuk (menguap?) saat pembacaan tiba di kata yang digarisbawah itu.

Sangat-sangat-sangat menarik, aku sudah tak sabar ingin membacanya!

5 comments:

  1. keren banget! jd si duplikat2nya itu terpisah dari bukunya? tampilannya dibuat seolah-olah asli ya..

    ReplyDelete
  2. aku iriiii bagus banget mba, bener2 collectible ya! nggak rugi belinya hehe

    ReplyDelete
  3. wow, kereeenn... beneran "harta karun" itu

    ReplyDelete

What do you think?