Thursday, March 1, 2012

Character Thursday (1)

Akhirnya menemukan theme yang keren untuk blog hop perdanaku. Eh…apa itu blog hop?

Blog Hop adalah..

Blogger-blogger yang menerbitkan posting dengan sebuah tema yang sama pada waktu bersamaan. Blog Hop ini memiliki seorang host (yang menentukan tema & aturannya). Nantinya para peserta dapat mencantumkan link postingnya di blog sang host.

Apa gunanya Blog Hop?

-Bagi sang host, akan menambah traffic atau follower ke blognya.
-Bagi peserta, akan menambah traffic bagi blognya, karena linknya tercantum di blog sang host.
-Khususnya bagi komunitas Blogger Buku Indonesia (BBI), akan mempererat jalinan persahabatan antar blogger, karena dengan Blog Hop kita lebih mudah mengunjungi blog-blog yang linknya tercantum.
Dan yang jelas, Blog Hop adalah kegiatan yang menyenangkan bagi blogger buku untuk berbagi pengalamannya dengan buku dan baca buku.

Yuk kita langsung intip blog hop bikinanku ini…

Character Thursday

Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
- Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
- Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
- Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di box di bawah button (cukup copas saja kode itu di posting atau di sidebar kalian).
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: "Nama blogger @ nama blog", misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

Fanda Classiclit




----

Nah, tokoh pilihan dalam buku yang kubaca sel
ama minggu ini adalah…

M. Hercule Poirot
(Pembunuhan Atas Roger Ackroyd by Agatha Christie)

Sejak aku membaca novel-novel Agatha Christie di bangku SMP, aku sudah jatuh cinta pada sosok Monsieur Poirot, sang detektif partikelir dengan kepala bulat telur dan kumis kakunya, dan…jangan lupakan…sel-sel kelabu di otaknya! Sebagai sosok manusia biasa, Poirot itu sosok yang kebapakan dan penuh perhatian, terutama pada orang-orang yang ia sayangi. Sebagai detektif, ia memiliki kharisma dan pengetahuan psikologis yang bagus sehingga dapat mengenali kepribadian seseorang dan bagaimana cara membuatnya (saksi atau si pembunuh) mengatakan kebenaran yang enggan mereka ungkapkan pada orang lain.


Inilah mungkin yang membedakan Poirot dengan Sherlock Holmes. Kalau Holmes memposisikan diri sebagai detektif, Poirot lebih meletakkan diri sebagai sahabat bagi semua yang mungkin terlibat dalam peristiwa pembunuhan.

So…who is your Character Thursday this week?

Yuk ikutan! Langsung saja masukkan linkmu di bawah ini ya…



17 comments:

  1. aku suka poirot...mungkin dia salah satu karakter paling favoritku sepanjang masa =) makanya sedih pas baca tirai, hikshiks...

    ReplyDelete
  2. Aku ikutaaan..
    hehe blm sempet baca AC jd ga gitu kenal karakter ini :P

    ReplyDelete
  3. Poirot ini ada dalam buku AC yg mana aja mba Fanda? *nah lho*

    ReplyDelete
  4. mbak aku minat ikut bloghop mbak... tapi aku nggak dapat tombol follownya... :((

    ReplyDelete
  5. akhirnya setelah capek, blognya mbak Fanda di reload-tutup-buka-reload terbukalah semuanya... dan muncul follow by emailnya... *lap keringet*

    aku ikut yah mbak Character Thursday-nya....

    ReplyDelete
  6. aiihhhh... aku selalu ketinggalan events...
    ini agenda mingguan kan mba?

    ReplyDelete
  7. @rie: Ya, ini agenda mingguan, dan kalo mau ikut, gak ketinggalan kok, kan masih hari Kamis.

    ReplyDelete
  8. kak, aku salah masukin link blog, bukan link post...gmn dong, bisa diganti ga?

    ReplyDelete
  9. yayyy... selesai juga. silakan mampir teman-teman :)

    ReplyDelete
  10. sesekali resensi buku2 di http://jualbukusastra.blogspot.com ya? :-)

    ReplyDelete
  11. Pengen ikutan tapi kemarin gak sempat :(
    Mudah2an minggu dpn sempat.

    Oh about Poirot, errr...he's not my favourite, seengaknya dibanding Holmes. Tapi gara2 review BBIers, jd penasaran buat kenalan lagi :))

    ReplyDelete
  12. mbak fanda, blogku gak khusus blog buku. Tapi ngebahas buku juga, boleh ikutan ini juga tak?

    ReplyDelete
  13. @si Bugot: silakan saja kalo mau ikut..

    ReplyDelete
  14. Waduh! Aku telat banget nih. Sekarang udah senin. Ini harus diposnya setiap hari Kamis ya mbak? Berarti aku mulai kamis ini nih..

    Ikutan yaa...

    ReplyDelete

What do you think?