Thursday, March 15, 2012

Character Thursday (3)

Makin lama blog hop Character Thursday ini makin asyik rasanya. Setiap kali membaca buku, aku akan langsung mereka-reka tokoh mana yang akan kuulas di hari Kamis berikutnya.

Character Thursday

- Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
- Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
- Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
- Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…


Fanda Classiclit



-----

Untuk minggu ini, aku akan mengambil "seekor" tokoh dari kisah fabel:


Molly - si Tikus Tanah
(The Wind in the Willows by Kenneth Grahame)


Dari semua tokoh di The Wind in the Willows, aku paling suka dengan Tikus Tanah. Rasanya sosok Tikus Tanah adalah sosok manusia kebanyakan yang tidak sangat baik (sehingga nyaris sempurna seperti Tikus Air) atau sangat tidak baik seperti Tuan Katak. Tikus Tanah menggambarkan kepribadian orang yang pada dasarnya memiliki moral yang baik namun tetap memiliki kelemahan. Kelemahan itu nampak saat Tikus Tanah terlalu memuja Tikus Air dan selalu berusaha menyenangkan kawannya itu. Ketika dalam perjalanan pulang dari suatu petualangan dan mereka melewati rumah Tikus Tanah, Tikus Tanah merasa rindu untuk pulang ke rumahnya. Namun, karena Tikus Air tak menyadari kegalauan kawannya ini, ia terus bergegas melanjutkan perjalanan ke rumahnya sendiri. Tikus Tanah terbelah antara ingin pulang ke rumahnya, tapi juga tak mau mengecewakan sahabatnya, dan akhirnya ia dengan lunglai menyusul Tikus Air. Berapa kali kita juga seperti itu, tak mau jujur mengatakan apa yang kita inginkan, dan malah mengikuti keinginan orang lain meski kita tak suka.


Namun, meski tampaknya si Molly ini selalu menjadi bayangan Tikus Air, pada suatu saat yang tepat ia dapat melakukan sesuatu yang benar dan bahkan heroik. Yaitu saat ia dengan cerdik berinisiatif menipu para rase, cerpelai dkk yang sedang menduduki rumah Tuan Katak. Berkat kecerdikannya itu mereka berhasil mengusir musuh dengan sukses. Ada saatnya kita pun tanpa kita sadari telah melakukan sesuatu yang "besar". Itu membuktikan bahwa kita sebenarnya mampu melakukan hal-hal besar apabila kita cukup berani, dan tidak hanya bersembunyi saja d balik bayangan kawan kita yang lebih dominan.

So…who is your Character Thursday this week?

Yuk ikutan! Langsung saja masukkan linkmu di bawah ini ya…


4 comments:

  1. Aku udah nonton filmnyaaa... Yg jadi tikus air ini memang polos banget gitu deh, pas banget memeankan tokoh Molly..

    ReplyDelete
  2. Mbakkkk kok linkynya nggak muncul di kompie ku ya? hikshiks...aku udah ikutaaaan =D

    ReplyDelete
  3. Wah, aku belum baca yang satu ini nih. Masuk list untuk bulan depan deh.

    Btw, aku ikutan lagi ya mbak... ;)

    ReplyDelete
  4. yuhuuuu... aku udah ikutan juga ya :)

    ReplyDelete

What do you think?