Thursday, April 12, 2012

Daisy Buchanan on The Great Gatsby: Character Thursday (7)

Daisy Buchanan

The Great Gatsby by F. Scott Fitzgerald


Meski tak disebutkan secara eksplisit di sepanjang novel The Great Gatsby ini, namun aku menduga Daisy adalah sosok wanita yang cantik. Ia jelas anak orang kaya, jadi dandanannya pun pasti bergaya. Gambaran paling jelas tentangnya justru datang dari Nick, sang narator kisah ini. Menurutnya, Daisy punya kebiasaan mengatakan sesuatu dengan berbisik, untuk membuat orang condong ke arahnya. Di beberapa bagian ia juga sering tertawa sambil mencondongkan tubuh. Aku membayangkan Daisy sebagai sosok wanita yang terbiasa diperhatikan dan dipuja kaum pria terutama, dan terbiasa mendapatkan apa yang diinginkannya.

Dan memang begitulah keadaannya ketika seorang opsir muda miskin bernama Gatsby jatuh cinta kepadanya. Andai Daisy saat itu tahu bahwa Gatsby sebenarnya miskin, ia tak mungkin jatuh cinta. Dan kenyataannya saat Gatsby tak kunjung melamarnya setelah perang, ia kembali 'membuka diri' bagi para pria pemujanya, dan akhirnya menikah dengan Tom Buchanan yang sama-sama kaya.

Sebenarnya kedangkalannya itu masuk akal mengingat latar belakangnya. Namun yang membuatku tak suka pada Daisy adalah sikap egois-semau-gue-nya. Ketika ia kecewa karena Tom selingkuh, dan tahu bahwa Gatsby ingin kembali padanya, ia langsung 'menghambur ke pelukan Gatsby'. Namun saat Tom mulai membeberkan kejelekan Gatsby--meski belum tentu sepenuhnya benar, dengan gampangnya Daisy kembali kepada Tom.

Yang lebih parah lagi adalah 'persekongkolan' Daisy dengan Tom setelah insiden kecelakaan itu terjadi (aku tak mau mengungkap secara gamblang, tapi kalau anda sudah membaca buku ini pasti mengerti maksudku). Bagaimana bisa Daisy yang mengaku mencintai Gatsby kabur begitu saja dan menimpakan semuanya kepada pria yang mencintainya dengan begitu besar hingga obsesif, bahkan mengorbankan diri deminya?

Bagiku menjadi orang kaya bukanlah sesuatu yang salah. Namun pengabaian terhadap kemanusiaan demi keselamatan sendiri itulah yang membuat Daisy turun derajat serendah-rendahnya di mataku...

Seperti inilah sosok Daisy Buchanan di film yang akan diputar Desember 2012 nanti:





Character Thursday
Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
- Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
- Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
- Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Syarat Mengikuti :
1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…




Fanda Classiclit

4 comments:

  1. cocok, caption-nya pas tepat banget, kelihatan licik & angkuhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul! Aku melihat karakter Daisy di caption ini..

      Delete
  2. Fanda, ini link-ku ya : http://my-classic-books.blogspot.com/2012/04/my-character-wednesday-2.html
    Jangan lupa besok ikutan blog hop-ku di Fantasy Friday :D

    ReplyDelete

What do you think?