Thursday, April 5, 2012

Jay Gatsby on The Great Gatsby: Character Thursday (6)


Jay Gatsby

(The Great Gatsby by F. Scott Fitzgerald)



"Sejauh 15 meter dariku, sebuah sosok muncul dari balik bayangan loji tetanggaku dan sedang berdiri dengan tangan dimasukkan ke saku, mengamati taburan perak bintang-bintang. Sesuatu dalam gerakan santainya dan pijakan mantap kakinya di halaman mengisyaratkan bahwa itu adalah Mr. Gatsby... Dia tampak sedang menikmati kesendiriannya--tangannya menunjuk ke perairan yang gelap dengan cara yang aneh, dan meskipun aku jauh dari dia, aku bersumpah aku melihat dia gemetar. Tanpa sengaja aku melirik ke arah laut--dan tidak melihat apa pun selain sebuah cahaya hijau, sangat kecil dan jauh, mungkin itu adalah ujung sebuah dermaga. Saat aku berpaling ke arah Mr. Gatsby sekali lagi, dia telah menghilang, dan aku pun sendirian lagi di tengah kegelapan yang berisik." ~hlm. 38.

Begitulah perkenalanku pertama kali dengan sosok Jay Gatsby, lewat penuturan Nick Carraway, tetangga dan teman Gatsby, sekaligus narator kisah The Great Gatsby ini. Dari penuturan itu aku langsung merasakan kepribadian yang kuat sekaligus rapuh, misterius dan sendirian. Setelah aku menamatkan kisah ini, adegan Gatsby berdiri di kegelapan dan menunjuk cahaya hijau kecil nan jauh itu begitu mengesan di benakku.


Jay Gatsby adalah pria dengan impian besar yang nyaris mustahil, namun dengan keyakinan yang juga besar ia terus berjuang untuk merengkuhnya. Impian itu adalah sosok gadis kaya yang dicintainya, Daisy Buchanan--saat ia sendiri masih seorang opsir muda miskin. Dengan berbagai cara--meski kadang ilegal--ia berhasil menjadi orang kaya dalam 5 tahun.

Aku mengagumi Gatsby bukan karena jalan pintas menuju kekayaan yang dipilihnya, melainkan keberaniannya bermimpi dan persistensinya untuk terus memelihara mimpi itu. Aku mengagumi Gatsby bukan karena ia ingin merebut istri pria lain, melainkan keteguhannya untuk melindungi wanita yang ia cintai.


Gatsby--tak seperti tokoh-tokoh kaya lainnya di kisah ini--adalah pria yang memiliki prinsip, dan itulah yang pada akhirnya disadari juga oleh Nick..



"Mereka itu sekumpulan manusia busuk. Sekalipun mereka semua disatukan, kau tetap lebih layak daripada mereka" ~hlm. 235.

Kalau sejauh ini aku tampak terpesona pada Gatsby, yah...itu karena Gatsby memang memiliki karisma dan kepribadian yang mempesona. Tidak salah bila di film yang akan beredar Desember nanti, sosoknya diperankan oleh Leonardo diCaprio, yang aku yakin akan mampu menampilkan Jay Gatsby tepat seperti yang kubayangkan.





Salah satu pesonanya terletak, mungkin, pada senyumnya.



"Dia tersenyum penuh pengertian--jauh lebih dari sekadar pengertian. Senyum seperti itu adalah salah satu senyum langka yang di dalamnya terkandung kualitas yang bisa menentramkan hatu selamanya, mungkin hanya akan kaujumpai empat atau lima kali seumur hidup. Senyum tersebut menghadapi--atau seolah menghadapi--seluruh dunia luar dalam sekejap mata, kemudian berkonsentrasi kepadamu dengan prasangka tak tertahankan yang menguntungkanmu. Senyum tersebut memahamimu hanya sejauh kamu ingin dipahami, memercayaimu seperti kamu ingin memercayai dirimu sendiri, dan meyakinkanmu bahwa itu memiliki kesan yang tepat tentangmu, sisi terbaikmu yang kamu harap bisa kautunjukkan." ~hlm. 78.


Jay Gatsby memang layak disebut sebagai salah satu karakter paling legendaris dalam fiksi dunia! Yah...paling tidak bagiku...


-------


Character Thursday

Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).

- Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.

- Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.

- Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.


Syarat Mengikuti :


1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.

2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.

3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.

3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.

4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…


Fanda Classiclit

11 comments:

  1. Termehek-mehek sama bang Leo
    #eh #salahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa! Hidup bang Leoooo! *malah melenceng fokusnya*

      Delete
    2. ikutan termehek-mehek hihihi

      Delete
  2. Mau nontoonn... Kenapa sih film yang aku tunggu tayangnya di akhir tahun semua. Nggak ini, nggak The Hobbit. Huh!

    Btw, aku belom selesai-selesai baca The Great Gatsby nih. Itu buku dianggurin aja udah dua tahun. Heuheuu...

    ReplyDelete
  3. Fanda, baru sempat posting nich, ikutan sekarang hehe.
    Btw, aq lebih suka Robert Redford yang main (punya dvd-nya hehe)
    yang main sama Leo siapa ? Klo pasangan Robert Redford itu Mia Farrow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar yang main bareng Leo akan aku post di CT minggu depan..

      Delete
  4. btw, aq bikin blog hop juga buat posting besok jum'at sekaligus masuk program Birthday Giveaway, ikutan ya (^_^)

    ReplyDelete
  5. Err... Leonardoooo
    *mandangin matanya

    ReplyDelete
  6. Leeeeooooooo =D semua film Leo aku tonton lhooo...dan yang ini udah masuk ke list =p meski bukunya belum sempet baca nih!

    ReplyDelete

What do you think?