Tuesday, September 11, 2012

Courrier Sud / Southern Mail (Pesawat Pos Selatan)


[conclusion in English is at the bottom of this post]

Ini adalah buku kedua karya Antoine de Saint-Exupery yang kubaca setelah The Little Prince. Courrier Sud (judul aslinya) ini merupakan karya fiksi pertama Exupery, bertutur tentang pilot pesawat pos bernama Jacques Bernis. Seperti semua novel-novelnya, Courrier Sud ini juga mewakili pengalaman Exupery sendiri sebagai pilot pesawat pos yang tugasnya mengirimkan surat-surat antara Paris – Dakar agar cepat tiba di tujuan, lebih cepat daripada lewat kereta api yang lebih lazim saat itu. Pesawat terbang jaman itu belumlah secanggih sekarang, sehingga pilot harus lebih banyak menggunakan instingnya ketika cuaca buruk, apalagi ketika berada di sekitar gurun pasir Sahara yang sangat luas. Menjadi pilot pesawat saat itu adalah pekerjaan yang penuh bahaya, dan suka duka menjadi pilot ini dituangkan ke dalam novel ini beserta—kemungkinan besar—curahan hati Exupery sendiri tentang hidupnya dan kisah cintanya.

Courrier Sud ini dituturkan oleh sahabat Bernis. Aku melihat Bernis sebagai manusia yang tidak cocok berada di manapun (doesn’t belong anywhere). Semenjak kecil Bernis dan si sahabat merasa bahwa hidup mereka sangat membosankan, selalu dibatasi banyak aturan, selalu dapat diduga, tak menarik sama sekali. Hal ini berlanjut, khususnya bagi Bernis yang—di sepanjang buku ini, lewat ungkapan-ungkapan puitis—merasa orang-orang dan dunia di sekitarnya tak pernah bergerak atau berubah.

Ternyata, semuanya tetap sama….

 Sebaliknya, Bernis merasakan kebebasan ketika ia berada di udara, sendirian dalam kokpit pesawat yang dikendarainya. Rasa kebebasan ini terungkap lewat kilasan-kilasan alam sekitarnya yang ia saksikan dari ketinggian, yang banyak menghiasi buku ini.

Masing-masing (orang-orang yang dulu dikenalnya) terpenjara oleh diri sendiri, dibatasi oleh rem samar-samar, dan tidak seperti dia, si anak yang bebas, si anak malang, si penyihir.

Apakah itu berarti bahwa Bernis lantas bahagia karena menjadi pilot? Ternyata tidak, orang-orang saat itu memandang aktivitas ‘berkendara di udara’ adalah sesuatu yang aneh. Bahkan lewat kutipan di atas kita melihat bahwa Bernis disebut sebagai ‘si penyihir’ (yang bisa terbang, menyalahi kodrat manusia). Bernis yang malang, Bernis yang kesepian, yang ditolak, namun juga tak kerasan berada di dunianya. Ia mencintai seorang wanita yang adalah sahabatnya semenjak kecil: Geneviève. Setelah keduanya dewasa, Bernis mendapati jurang yang amat lebar yang memisahkan dirinya dengan Geneviève, karena si wanita adalah orang yang amat terikat pada kehidupannya, pada semua miliknya, sementara Bernis adalah orang yang bebas lepas dari segala keterikatan dunia.

Kebiasaan-kebiasaan, peraturan-peraturan, hukum-hukum, semua yang tidak kau (Bernis) rasakan kegunaannya, semua yang telah kau hindari… Hal itulah yang telah memberi-nya (Geneviève) sebuah bingkai. Untuk tetap ada, kita membutuhkan kenyataan-kenyataan yang mempunyai keberlangsungan di sekeliling kita. Meski dianggap tak masuk akal atau tak adil, semua itu hanyalah suatu bahasa. Dan Geneviève, jika dia kau bawa pergi, akan kehilangan dirinya.

Membaca ini aku agak tersentak. Bukankah nasihat sahabat Bernis ini seolah menampar kita semua yang terbiasa hidup nyaman dalam ‘bingkai-bingkai’ yang kita pasang disekeliling kita, sehingga kita lupa pada hakikat hidup ini yang sesungguhnya? Lagipula kutipan itu justru lebih relevan bagi kita yang hidup di jaman internet dan teknologi maju ini, yang begitu terikat pada gadget, teknologi dsb. hingga bila kita harus meninggalkan semua itu sebentar saja, kita merasa seolah lumpuh? Bukankah ini absurd?

Menurutku Bernis mengalami kesepian, bukan saat berada di pesawat sendirian, melainkan justru saat ada di dunia. Karena ia tak seperti manusia lainnya, mereka semua hanya melihat lingkup terbatas dunia mereka sendiri, sementara Bernis—dan seharusnya kita semua—memandang hidup ini jauh lebih luas, lebih agung daripada sekedar rutinitas dan benda-benda mati yang mampu kita indrai. Membaca kotbah seorang pastor saat Bernis berada di Gereja Notre-Dame ini mengingatkanku pada Jostein Gaarder, seorang penulis fiksi-filosofis yang lewat Dunia Sophie juga mengingatkan kita akan hakikat alam semesta dan kehidupan yang sesungguhnya:

Anda sekalian telah menyatukan perjalanan bintang, wahai generasi baru peneliti, dan Anda sekalian tidak mengenalinya lagi. Dia adalah sebuah tanda dalam buku Anda, tetapi bukan lagi cahaya; seorang anak kecil lebih tahu mengenai hal itu daripada Anda.

Anda sekalian telah menemukan semua hal sampai kaidah-kaidah yang mengatur cinta kasih manusia, tetapi cinta kasih itu sendiri terlepas dari tanda-tanda Anda; seorang gadis muda lebih mengetahuinya daripada Anda.

Di jaman modern ini kita semua sudah kehilangan makna banyak hal dalam hidup. ‘Terbanglah’ seperti Bernis, jangan menutup diri seperti Geneviève; **spoiler** yang karena tak mau kehilangan hal-hal yang nyata namun sebenarnya fana, malah kehilangan kesempatan merasakan keagungan cinta yang tak nampak namun sebenarnya nyata. **spoiler ends**

Ah ternyata….kisah yang awalnya hanya tampak sebagai curhat seorang pilot belaka, ternyata menyimpan filosofi yang mengagumkan. Tak heran bila sebuah label ‘novel agung dunia’ tersemat di sampul buku ini, yang tadinya kukira hanyalah akal-akalan promosi saja, namun kini kusadari, itulah yang telah kudapat dari buku ini.

Empat bintang untuk Courrier Sud, sebuah novel bermakna indah, dibalut kalimat-kalimat puitis yang seringkali tak mampu aku pahami, mungkin karena itu aku tak sanggup memberinya nilai mutlak (satu bintang kusimpan untukku sendiri, mungkin suatu hari nanti aku akan mampu menyibak seluruh artinya…atau…seperti halnya alam semesta, selalu akan ada hal-hal yang tak mampu kita pahami hingga kapanpun, dan itu yang membuat alam semesta atau buku ini begitu agung? Mungkin…)

Judul: Courrier Sud (terjemahan: Pesawat Pos Selatan)
Penulis: Antoine de Saint-Exupéry
Penerjemah: Prof. Dr. Apsanti Djokosujatno (guru besar sastra & kritikus)
Penerbit: Komodo books
Terbit: Februari 2012
Tebal: 190 hlm.

Conclusion:

At first I thought Courrier Sud (or Southern Mail) was just a story about a pilot, maybe a kind of Exupéry’s autobiographical story, but I was completely wrong! Like The Little Prince, this is a philosophical thinking which Exupéry has wrapped in a simple story about the life and love of a pilot named Jacques Bernis. Bernis’s job is to carry express mail from Paris to Dakkar (this is a new innovation because at that time mail were delivered by train). Plane and navigation were new at that time, and it needed a big courage for a man to drive a plane. Ordinary people even mocked Bernis as ‘ghost’ or ‘wizard’. Travelling on air was beyond many people’s common sense.

On the other hand, Bernis felt that ordinary life was unbearable; life which was limited by orders and routines. Exupéry emphasized the different way of thinking by creating a love story of Bernis and a girl from his childhood named Geneviève. Unlike Bernis, Geneviève loved orders and formalities; that when Bernis asked her to runaway with him from her previous unhappy life, Geneviève found it too difficult because she has already bound to her home and everything she possessed, that she could not live freely as Bernis wanted.

I saw Bernis as a lonely person, he did belong to the world he supposed to live, and only when he was alone in his cockpit that he felt quiet and absorbed in the beauty of nature. I believe that in those occasions, Bernis actually felt the presence of God through His creation. Bernis also felt that everything in ordinary life was stagnant, never changed.

From Courrier Sud I learned—not only about the unreliability of the planes at that time, the dangers of being a pilot, and the beautiful scenes from above—but also a divine knowledge of living our life. Instead of limited ourselves with everything that modern life offers us, we should provide more time to contemplate the true meaning of it; to be more like Bernis than like Geneviève. And all of these were beautifully crafted by Exupéry in poetic sentences, makes me love this book more!

I give four stars for Courrier Sud, for although I know this is a remarkable work, there are still several parts of the story that I could not get into the exact meaning. Maybe that's why I love it, because I know I can go back to this book some day and maybe next time I’ll be able to extract new meanings from it. Maybe…

7 comments:

  1. Penerbit Komodo? baru dengar. Buku ini juga dah diterjemahkan ma Gramedia kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak Gramedia udah terjemahkan? Setahuku hanya Little Price sama Terre des Homes (Bumi Manusia). Meski penerbit gak terkenal, gak jelek2 amat kok terjemahannya.

      Delete
  2. wah, penerjemahnya Prof. trnyata, sptnya ga mngecewakan... Saint-Exupéry itu pmikir hebat ya, nge-fans sejak ptma kali baca bukunya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku merasa Prof. Apsanti mampu menerjemahkan gaya Exupery dgn baik (belum baca aslinya sih), tapi paling tidak 'rasa' yang aku dapat di buku ini sesuai dgn yang aku bayangkan dari membaca biografi Exupery. Dan ya, beliau pemikir hebat, pantesan sulit dipahami (dan diterima) orang lain.

      Delete
  3. I kind of enjoy that - where upon finishing you already know that you'll need to think some more on it, or read again for the deeper meaning. -Sarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. I think Exupery's book always (or most of them, because I haven't read all) require a second read to grab a better understanding. Philosophical books are always like that, no?

      Delete
  4. Saya terikat dgn penulis kesepian ini, si malaikat ini, dia bercerita polos (seolah itu) pengalamannya, mungkin hanya bisa dimengerti (atau ditemukan) saat kita mengalaminya juga atau hanya menjadi manusia polos seperti dia yg merasa tanpa terhalang bingkai bingkai.

    ReplyDelete

What do you think?