Monday, August 6, 2012

Classics Authors of August

Meski agak terlambat, aku tetap mau mengajak anda berkenalan dengan para penulis klasik yang lahir pada bulan Agustus. Di antara mereka banyak nama-nama besar seperti Leo Tolstoy, Guy de Maupassant dan Jorge Luis Borges. Mari simak kehidupan mereka, baik sebagai penulis maupun sebagai pribadi….

Herman Melville

Penulis Amerika bernama Herman Melville ini lahir pada 1 Agustus 1819 di New York City. Beliau adalah seorang novelis, selain penyair, penulis esai dan cerita pendek. Meski salah satu novelnya yang paling terkenal adalah Moby-Dick, namun Typee adalah novel pertamanya yang laris. Ayah Melville adalah seorang pedagang, namun setelah dua bisnisnya mundur lalu bangkrut, tak lama kemudian sang ayah meninggal, meninggalkan kemiskinan bagi keluarganya saat Melville berusia 12 tahun. Melville masuk akademi dan menyambi bekerja sebagai anak buah kapal. Pada 1841 Melville kembali berlayar selama 18 bulan ke Pasifik Selatan, dan belakangan mengaku hidupnya ‘dimulai’ pada saat itu. Kemungkinan banyak detail perjalanan itu ia tuangkan ke novel Moby-Dick yang berkisah tentang ikan paus.

Tahun 1847 Melville menikah, kemudian selama 13 tahun sibuk mengurus pertaniannya sambil terus menulis. Di pertanian itu pula ia berteman dengan penulis klasik besar lainnya Nathaniel Hawthore, yang tinggal tak jauh dari situ. Bahkan Melville mendedikasikan Moby-Dick untuk Hawthorne. Namun buku Melville yang berjudul Pierre tidak mendapat sambutan baik, malah ia dicap sebagai ‘gila’ di surat kabar. Di akhir perjalanan karirnya, keadaan keuangan Melville bertambah parah, dan ketika itu perkawinannya goyah, ditambah dengan kematian putranya yang menembak diri sendiri (kemungkinan kecelakaan).

Guy de Maupassant

Henri René Albert Guy de Maupassant, atau dikenal dengan Guy de Maupassant terkenal sebagai penulis Prancis abad ke 19. Ia dianggap sebagai ‘Bapak’ penulisan cerita pendek modern. Karya-karyanya kebanyakan diwarnai nuansa Franco-Prussian War, dan salah satu karya terbesarnya adalah Ball of Fat selain Mademoiselle Fifi. Beliau lahir 5 Agustus 1850 dari keluarga borjuis kaya yang tinggal di chateau (rumah besar bak istana ala Prancis). Ketika Maupassant berusia 11 tahun, orangtuanya bercerai, dan ia tinggal bersama ibunya yang suka membaca karya klasik terutama Shakespeare. Maka tak heran jika pada usia 13 tahun Maupassant dikirim ke seminari untuk belajar klasik.

Pada usia 18 tahun Maupassant sempat menyelamatkan  Algernon Charles Swinburne, seorang penyair terkenal, yang nyaris tenggelam. Ia juga kemudian berkenalan dengan Gustave Flaubert, penulis klasik terkenal asal Prancis juga, yang kemudian mengambilnya menjadi anak angkat sekaligus semacam pelindung literatur Maupassant, dan membimbingnya memasuki dunia literasi. Di rumah Flaubert lah Maupassant sempat berjumpa dengan Émile Zola dan Ivan Turgenev. Flaubert memuji Ball of Fat sebagai "a masterpiece that will endure". Gabungan antara bakat menulis dan kemampuan bisnis dengan cepat membuat Maupassant kaya. Salah satu novelnya yang paling terkenal adalah Bel-Ami. Di akhir hidupnya Maupassant mengalami ketakutan akan kematian dan ingin menyendiri. Ia mencoba bunuh diri namun gagal, dan akhirnya menjadi salah satu penghuni paling terkenal sebuah rumah sakit jiwa di Paris, di mana Maupasant akhirnya menghembuskan napas terakhirnya.

Marjorie Kinnan Rawlings

Lahir pada 8 Agustus 1896 di Washington D.C., Marjorie Kinnan Rawlings kelak dikenal sebagai penulis klasik wanita yang memperoleh penghargaan Pulitzer pada tahun 1939 lewat karyanya The Yearling (diterjemahkan Gramedia). Rawlings sudah menunjukkan minat menulis sejak usia 6 tahun, ia sering mengirimkan tulisannya ke surat kabar di bagian anak-anak hingga usia 16 tahun. Setelah menikah, Rawlings membeli tanah pertanian di Cross Creek, Florida dari warisan yang ia terima dari ibunya, dan lokasi itu kelak menjadi setting novel-novelnya yang terkenal. Karyanya yang lain adalah Cross Creek dan The Sojourner.

Pada tahun 1943 Rawlings dituntut oleh sahabatnya atas tuduhan merusak privasi karena menulis tentang putra sang sahabat di kisah Jacob’s Ladder. Setelah kasus itu selesai Rawlings meninggalkan Cross Creek selamanya dan tak pernah lagi menulis tentang wilayah itu. Dengan uang hasil penjualan The Yearling, Rawlings akhirnya membeli cottage di tepi pantai di St. Agustine, di mana ia tinggal bersama suami keduanya, dan akhirnya meningal dunia pada 1953.

Sir Walter Scott

Walter Scott adalah penulis asal Skotlandia yang lahir pada 15 Agustus 1771. Beliau banyak menulis novel sejarah, naskah drama dan puisi, dan menjadi penulis Inggris pertama yang merasakan ketenaran yang mendunia di saat hidupnya. Ivanhoe dan Rob Roy adalah dua di antara novel-novel terkenalnya. Scott lahir di Edinburgh, dan pada usia 2 tahun berhasil bertahan dari penyakit polio, yang setelahnya membuatnya sedikit cacat pada kaki. Untuk menyembuhkan cacatnya, Scott dikirim ke desa tempat kakeknya tinggal. Di sana neneknya mengajari Scott membaca dongeng dan legenda, yang kelak menjadi dasar karyanya. Pada usia 12 tahun Scott sudah mulai belajar klasik di universitas.

Sejak muda Scott selalu tertarik pada dongeng-dongeng Skotlandia yang dituturkan secara verbal (story teller). Ia terobsesi untuk mengumpulan dongeng-dongeng itu. Di usia 25 tahun ia mulai menulis secara professional, kemudian menerbitkan tiga set kumpulan dongeng koleksinya. Inilah pertanda awal minatnya terhadap sejarah Skotlandia. Tahun 1825 terjadi krisis perbankan, dan perusahaan penerbitan ke mana Scott menginvestasikan uangnya jatuh bangkrut, dan Scott pun jatuh miskin. Ak mau mengaku bangkrut, Scott menjaminkan rumahnya pada kreditor dan bertekad akan terus menulis novel serta biografi Napoleon Bonaparte untuk keluar dari hutang, namun sayang kesehatannya memburuk, dan akhirnya  meninggal. Untunglah, novel-novelnya terjual terus hingga akhirnya mampu melunasi seluruh hutangnya.

Edith Nesbit

Terkenal dengan nama E. Nesbit, Edith Nesbit—kemudian menjadi Edith Bland setelah menikah—adalah penulis 60 buku anak-anak dan puisi asal Inggris. Lahir tanggal 15 August 1858, Nesbit menikah pada usia 22 tahun dengan Hubert Bland saat hamil tujuh bulan, pernikahan yang kemudian terbukti membawa petaka. Bland ketahuan berselingkuh dan menghamili sahabat Nesbit dan seorang wanita lain yang mengaku tunangan Bland. Nesbit bertengkar hebat dengan suaminya namun tetap bersedia mengadopsi kedua bayi wanita itu.

Beberapa novel terkenalnya antara lain The Railway Children (diterjemahkan Gramedia) didedikasikan untuk putra tertuanya, serta The Enchanted Castle (diterjemahkan Atria). Nesbit disebut-sebut sebagai penulis modern pertama untuk buku anak-anak, yang mengubah tradisi literasi anak warisan dari Lewis Carroll, George MacDonald dan Kenneth Graham. Menggabungkan kisah anak-anak kontemporer yang bersetting dunia nyata dengan obyek-obyek sihir, Nesbit berpengaruh dalam era penulis kisah anak-anak modern setelahnya seperti Diana Wynne Jones, J. K. Rowling dan C. S. Lewis.

Jorge Luis Borges

Jorge Francisco Isidoro Luis Borges, atau yang biasa kita kenal sebagai Jorge Luis Borges lahir pada 24 Agustus 1899 di Buenos Aires, Argentina. Borges adalah penulis cerita pendek, esai dan puisi serta penerjemah. Beberapa karyanya yang terkenal adalah Ficciones, Labyrinths dan The Aleph, yang merupakan komplilasi cerita pendek yang dihubungkan dengan tema serupa, antara lain mimpi, labirin, perpustakaan, agama, Tuhan, dsb. Karyanya masuk ke genre literatur filosofis maupun fantasi. Pada usia 9 tahun Borges sudah menerjemahkan The Happy Prince karya Oscar Wilde ke bahasa Spanyol.

Pada thn. 1938 ayah Borges, yang amat dekat dengannya, meninggal dunia dan mendatangkan tragedi baginya. Natal tahun itu Borges mengalami cedera kepala parah yang nyaris merenggut nyawanya. Setelah peristiwa itu, Borges mulai menerapkan gaya baru dalam menulis yang kelak membuatnya terkenal. Ketika penglihatannya mulai kabur sebelum berusia 30 tahun dan Borges tak mampu menulis lagi, ia menapaki karir baru sebagai ‘public lecturer’. Pada akhir thn 1950 Borges akhirnya buta total, kemudian meninggal dunia karena kanker liver pada 1986.

Mary Shelley

30 Agustus 1797 merupakan tanggal kelahiran seorang penulis wanita asal Inggris yang bernama lengkap Mary Wollstonecraft Godwin, namun yang kelak lebih dikenal sebagai Mary Shelley. Selain sebagai penulis novel (novel paling terkenalnya adalah kisah gothic Frankenstein—diterjemahkan Gramedia), Shelley juga penulis cerita pendek, naskah drama, esai, biografi dan kisah perjalanan. Shelley dibesarkan oleh ayahnya, dan saat berusia 17 tahun ia memiliki hubungan romantic dengan pengikut politik ayahnya—Percy Bisshe Shelley—yang sudah menikah. Shelley mengandung bayi Percy, namun sayangnya dalam dua tahun pasangan ini menghadapi pengucilan, belitan hutang dan kematian bayi prematur mereka. Mereka baru menikah thn 1816 setelah istri Percy bunuh diri.

Ide menulis Franskenstein tiba saat pasangan baru ini menghabiskan musim panas di Swiss. Lalu pada 1822 Percy mati tenggelam ketika perahu yang dinaikinya tenggelam dalam badai. Setelah itu Shelley memutuskan untuk mengabdikan hidup untuk membesarkan putra semata wayang mereka dan menekuni penulisan profesional. Sayangnya di usia 53 Shelley harus menghadapi ajal akibat tumor otak yang selama decade terakhir hidupnya terus menggerogotinya.

Karya siapa yang akan and abaca bulan ini?


1 comment:

  1. Paling ternganga baca kalimat ini: Pada usia 9 tahun Borges sudah menerjemahkan The Happy Prince karya Oscar Wilde ke bahasa Spanyol.--> buseeeet, 9 tahun udah bisa nerjemahin??

    Ternyata Mary Shelley itu istrinya Percy Bysshe Shelley toh, baru tahu. Ada puisinya Percy yang aku suka banget, jangan2 terinspirasi Mary :D

    ReplyDelete

What do you think?